Proposal Proyek Halodoc

PROPOSAL HALODOC





MPPL D







Rezky Alamsyah                                  5115100109
Alfindio Muhammad Abdallah            5115100164
PERANCANGAN APLIKASI HALODOC

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Teknologi informasi merupakan sebuah ilmu yang selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat, sesuai dengan perkembangan ilmu yang lainnya dan perkembangan cara berpikir manusia.
Sebagai salah satu negara berkembang, teknologi informasi dapat menjadi tolak ukur kemajuan Indonesia. Kualitas bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan teknologi informasi yang baik. Dengan teknologi informasi yang baik, dapat memungkinkan menaikan kualitas terhadap aspek lain, contohnya kesehatan.
Saat ini, banyak orang yang mengalami masalah kesehatan. Hal tersebut terjadi karena aktivitas yang padat sehingga lupa terhadap kesehatannya. Hal tersebut merupakan hal yang sepele namun banyak terjadi dimana-mana.
Dengan memanfaatkan teknologi informasi, hal tersebut dapat dengan mudah teratasi. Untuk masyarakat dengan aktivitas yang padat, dengan memanfaatkan teknologi informasi, masyarakat dapat berkonsultasi secara online dengan dokter sesuai kebutuhan masing-masing. Selain itu, apabila masyarakat membutuhkan obat saat itu juga, masyarakat dapat memesannya secara online dan dapat diantarkan langsung ke rumah atau tempat yang diinginkan tanpa harus antri di apotek.
Dengan kemudahan yang ditawarkan teknologi informasi, maka solusi semacam itu harus diterapkan dalam kehidupan nyata untuk memudahkan kehidupan bermasyarakat. Selain itu dengan memanfaatkan hal tersebut aspek kesehatan dapat meningkat.

1.2.  Maksud dan Tujuan
Maksud dari aplikasi ini adalah :
·         Mengembangkan aplikasi mobile untuk menghubungkan pelayanan medis (dokter, obat dan uji lab).
Tujuan dari aplikasi ini adalah :
·         Memudahkan pasien untuk menjangkau pelayanan medis (dokter, obat dan uji lab) secara cepat dan fleksibel.
·         Memudahkan pasien untuk menghubungkan antar pelayanan medis (dokter memberi reset dan obat bisa langsung dibeli atau hasil uji lab yang bisa langsung disampaikan ke dokter).

       1.3.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup aplikasi ini adalah
·         Aplikasi ini dapat membuat pengguna untuk melakukan konsultasi online dengan dokter yang dipilih (video call).
·         Aplikasi dapat melakukan pemesanan obat yang dipilih pengguna dan diantar dengan jasa antar online.
·         Aplikasi dapat membuat pengguna untuk melakukan janji konsultasi dengan dokter.
·         Aplikasi dapat membuat pengguna untuk mendatangkan dokter ke rumah untuk mengambil sampel untuk uji lab dan hasilnya akan dikirim secara online.
·         Aplikasi dapat memberitahu dokter pengganti beserta rumah sakitnya ketika dokter utama tidak dapat dihubungi.



BAB II
DESKRIPSI PERANGKAT LUNAK
             2.1  Nama Perangkat Lunak
“Halodoc”.

             2.2  Metodologi Pengerjaan
Metodologi pengerjaannya yaitu :
1.      Analisa Permasalahan
Analisa dilakukan untuk mendapatkan pokok permasalahan yang ingin dipecahkan berdasarkan pembahasan mengenai masalah kesehatan yang sangat tidak diperhatikan oleh masyarakat.
2.      Perencanaan Aplikasi
Perencanaan dari aplikasi dilakukan dimulai dari penentuan jenis aplikasi, software pembantu dalam membuat aplikasi, penentuan output atau hasil dari aplikasi, dan software yang mendukung pengolahan hasil dari aplikasi yang berjenis dokumen.
3.      Implementasi
Implementasi dilakukan setelah rancangan program telah terbentuk. Pada tahap ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan aplikasi secara spesifik yaitu dalam hal pemrograman dan penjelasan logika dari program itu sendiri.
4.      Uji Coba Aplikasi
Setelah aplikasi selesai dibuat, perlu dilakukan sebuah uji coba untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kesalahan yang tak terduga saat perancangan aplikasi. Proses uji coba dilakukan pada aplikasi yang telah selesai mendapatkan implementasi script program.
5.      Pengaplikasian dan Perawatan
Setelah kami selesai melakukan uji coba dalam lingkungan kami, maka akan dilakukan uji coba lapangan dengan mengaplikasikan program ke dalam lingkup perusahaan.




             2.3  Teknologi yang Digunakan
Laptop / PC dengan spesifikasi sebagai berikut :
·         Processor Intel® Core™ i5-2410M.
·         CPU @ 2.30GHz.
·         Kapasitas RAM 4GB.
·         Harddisk 512 GB.
·         VGA Card ATI Radeon 2GB.
Perangkat Lunak sebagai berikut :
·         Android Studio
·         Ubuntu Linux 16.04
·         Oracle Database
·         Atom text editor
·         Framework Laravel
·         Nginx web server
·         Git Kraken


             2.4  Sususan Kelompok
Susunan kelompoknya yaitu :
·         1 Orang Project Manager.
·         2 Orang System Analyst.
·         3 Orang Programmer.
·         2 Orang Database Administrator.
·         2 Orang Quality Assurance.
·         2 Orang Trainer.
·         1 Orang Dokter.
·         1 Orang Apoteker.
·         1 Orang Laboran.


             2.5  Rincian Biaya
Adapun untuk pembiayaan terdiri dari kebutuhan perangkat lunak dan kebutuhan pegawai :
1.      Kebutuhan Perangkat Lunak
·         Android Studio                               Free.
·         Ubuntu Linux 16.04                       Free.
·         Oracle Database                             Rp 1.700.000,-
·         Atom text editor                             Free.
·         Framework Laravel                        Free.
·         Nginx web server                           Free.
·         Git Kraken                                      Free                
Total                                                      Rp 1.700.000,-
2.      Kebutuhan Perangkat Keras
·         Pengadaan Server                          Rp 50.000.000,-
Total                                                     Rp 50.000.000,-
3.      Kebutuhan Kepegawaian
·         Project Manager                            Rp 27.000.000,-           x          1
·         System Analyst                             Rp 21.000.000,-           x          2
·         Programmer                                  Rp 13.500.000,-           x          3
·         Database Administrator                Rp 15.000.000,-           x          2
·         Quality Assurance                         Rp 7.000.000,-             x          2
·         Trainer                                          Rp 6.000.000,-             x          2
·         Dokter                                           Rp 5.000.000,-             x          1
·         Apoteker                                       Rp 5.000.000,-             x          1
·         Laboran                                         Rp 5.000.000,-             x          1
Total                                                     Rp 180.500.000,-
4.      Kebutuhan Lain-lain
·         Dokumentasi                                 Rp 500.000,-


             2.6  Keluaran
·         Tersusunnya dokumen studi kelayakan.
·         Terbentuknya Aplikasi Halodoc.
·         Terencanakan anggaran pada proyek.




BAB III
PENUTUP
Demikian proposal pembuatan perangkat lunak ”Halodoc” ini kami buat dan ajukan kepada perusahaan anda. Mengingat betapa pentingnya kesehatan bagi kelangsungan aktivitas masyarakat yang sibuk, maka perlu adanya perangkat lain yang dapat menunjang kebutuhan yang mendesak dan sangat penting ini. Zaman sekarang semua hal harus dilakukan dengan cepat, tidak terkecuali pada aspek kesehatan.
Karena itu perusahaan kami menjamin dengan adanya perangkat lunak ini dapat mempermudah permasalahan kesehatan, sehingga dokter dengan lebih efisien melayani masyarakat. Terima kasih atas perhatiannya, kami harapkan tanggapan dan kerja samanya.

Sumber :
https://qblade.wordpress.com/2014/11/24/cotoh-proposal-proyek-it/

Referensi:
http://fajarbaskoro.blogspot.co.id/2017/02/mppl17-04-menentukan-ruang-lingkup.html

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Project Charter Halodoc

Kerangka Acuan Kerja